Jajaran Top Anti Virus

Bagi anda penguna Windows pastinya anda sangat membutuhkan perangkat lunak ini. Anti virus merupakan perangkat lunak yang sangat dibutuhkan kerena berkembangya varian virus yang menyerang windows.

Kehandalan sebuah anti virus sangat dibutuhkan untuk menangkal serangan-serangan virus. www.toptenreviews.com merilis 10 jajaran top anti virus pada tahun 2009 ini. Kesepuluh antivirus tersebut adalah

1. Bit Defender Antivirus

2. Kaspersky Anti-Virus

3. Webroot Antivirus

4. G DATA AntiVirus

5. ESET Nod32

6. ParetoLogic Anti-Virus PLUS

7. AVG Anti-Virus

8. Vipre Antivirus + Antispyware

9. F-Secure Anti-Virus

10. Trend Micro

Penilain ini berdasrkan kepada beberapa hal. Yang pertama adalah kemudahan dalam instalasi. Kemudahan pengguna dalam melakukan instalasi sangat penting, karena kebutuhan keceapat scanning sebelum virus menyebar. Dalam hal ini memang baiknya instalasi hanya dalam beberapa click saja.

Yang kedua adalah kemudahan dalam pengunaannya. Tampila antarmuka software antvirus baiknya mengedepankan kemudahan. Fasilitas-fasilitas yang ditawarkan mudah untuk digunakan baik itu para pengguna komputer yang tingkat tinggi atau pun pemula. Baiknya setelah melakukan penginstalan anti virus otomatis berjalan melakukan tugasnya sendiri. Namun kadang hal ini yang kemudian mengakibatkan komputer menjadi lambat. Karena anti virus akan melakukan scanning sehingga cukup memakan memori.

Yang ketiga adalah efektifitas. Dalam hal ini ada dua efektifitas yang harus dilakuakan oleh antivirus. Yaitu efektifitas dalam mendeteksi mana file virus dan mana yang bukan. Kecepatan dalam melakukan pendeteksian sangat penting, karena jika antivirus semakin lama dalam melakukan scanning maka aakan mengganggu pekerjaan. Efektifitas berikutnya adalah dalam melakukan pembersihan dan perbaikan. Seberapa tangguhkah anti virus dapat segera membersihkan malware yang didetksi dan memperbaiki file yang telah terinveksi.

Yang keempat adalah fitur-fitur yang diwarkan. Semakin baik sebuah anti virus semakin lengkap fitur-fitur yang dibutuhkan. Biasanya dalam sebuah paket anti virus terdapat antispyware, antimalware, deteksi rootkit, kontrol orangtua dan email screening tanpa menambah biaya.

Yang kelima adalah laporan. Laporan kegiatan anti virus harus mudah dibaca pengguna komputer. Laporan berupa hasil scanning dan apa aja yang telah dilakukan dari scanning tersebut, merupakan informas penting bagi pengguna.

Yang terakhir adalah fasilitas bantuan atau help. Ini penting karena dapat menjelaskan bagaimana penggunaan perangkat lunak antivirus ini. Fasilitas ini juga bisa dalam bentuk online, email, atau dalam bentuk telepon sehingga para pengguna dapat berkonsultasi langsung dengan vendornya.

0 komentar:

Posting Komentar